Todd Witteles untuk Mengajukan Klaim Gugatan sembrono dalam Kasus Libel Mike Postle

Todd Witteles, pemilik forum poker PokerFraudAlert, telah mengumumkan bahwa pengacaranya akan mengajukan mosi “anti-SLAPP” yang menyatakan gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh tersangka penipu poker Mike Postle terhadap Witteles dan 11 terdakwa lainnya adalah sembrono dan merupakan pelanggaran terhadap Witteles ‘ hak kebebasan berbicara.

Witteles, pemenang gelang WSOP satu kali dan pemilik atau salah satu pemilik beberapa situs diskusi poker selama lebih dari satu dekade, adalah salah satu dari banyak nama poker terkenal yang menawarkan pendapat mengenai kesalahan atau kepolosan Postle. Diskusi seperti itu mengenai tingkat kemenangan Postle – yang dianggap sangat tidak mungkin bagi sebagian besar penonton – telah membanjiri dunia poker.

Pengumuman WItteles melalui Twitter datang tak lama setelah muncul berita bahwa pengacara Postle dalam gugatan hukum senilai $ 330 juta yang menargetkan entitas seperti ESPN dan PokerNews telah mengajukan mosi untuk dihapus dari kasus tersebut. Jika dikabulkan, mosi tersebut akan membuat Postle perlu mencari representasi baru atau mengambil opsi lain dalam kasus tersebut.

Pengacara Witteles, Eric Bensamochan, mengajukan mosi anti-SLAPP pada 8 Desember, dengan sidang mosi yang dijadwalkan pada 10 Februari 2021. Mosi tersebut menegaskan bahwa gugatan Postle diajukan “terutama untuk mendinginkan pelaksanaan hak konstitusional yang sah kebebasan berbicara dan petisi untuk memperbaiki keluhan. ” Gugatan “SLAPP” (gugatan hukum strategis terhadap partisipasi publik) sering menargetkan terdakwa berkantong tebal atau siapa pun yang berani berkomentar di depan umum tentang topik yang menarik, seperti kontroversi Postle.

Gugatan pencemaran nama baik Postle, diajukan pada bulan Oktober, sebagian besar disebut sebagai outlet media terkenal dan muncul terkait dengan film dokumenter yang diumumkan yang dimaksudkan untuk memberi tahu pihaknya tentang dugaan skandal kecurangan. Namun, berita tentang pengunduran diri pengacara Postle dapat memengaruhi rencana tersebut. Pengacara Postle menyatakan bahwa Postle melanggar perjanjian pengacara-klien dan sebaliknya berhenti berkomunikasi dengan pengacaranya. Menurut Witteles, tidak satupun dari 12 terdakwa yang telah menerima pemberitahuan tentang gugatan fitnah tersebut.

Mosi anti-SLAPP Witteles menawarkan beberapa poin dasar, termasuk bahwa Postle memenuhi syarat sebagai “figur publik” (tentunya dalam dunia poker), dan karenanya tidak diberikan perlindungan hukum yang luas terhadap fitnah atau pencemaran nama baik. Mosi yang akan datang juga mencatat bahwa Witteles hanya membuat tiga pernyataan pendapat khusus yang menjadi dasar klaim pencemaran nama baik Postle, dan bahwa tidak hanya forum PokerFraudAlert Witteles, tetapi juga internet secara umum, yang dilindungi forum publik mengenai kebebasan berbicara.

Jika berhasil, mosi anti-SLAPP akan memungkinkan WItteles untuk memulihkan biaya hukum dari Postle. Ini diakhiri dengan pernyataan yang luas:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *